Knalpot Baru, Senjata Renault di 2011

0 komentar

Knalpot Baru, Senjata Renault di 2011

Rabu, 2 Februari 2011 - 10:27 wib
Azwar Ferdian - Okezone
F: Vitaly Petrov dengan R31 (daylife)
VALENCIA – Renault menatap musim 2011 dengan kepercayaan diri tinggi. Modifikasi radikal dilakukan di mobil R31, dengan mengusung perubahan total di sistem knalpot gas buang untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Konsep unik dilakukan tim yang bermarkas di Enstone ini dan cukup menggemparkan publik Formula One. Renault menempatkan knalpot pada sisi mobil, bukan pada bagian buritan.

Tujuan tata letak anyar ini adalah untuk meniup keluar gas buang ke bagian bawah depan, dan menimbulkan efek diffuser. Diharapkan, efek ini akan memberikan porsi tenaga yang lebih besar dengan dorongan di bagian bawah mobil, daripada gas buang hanya keluar di bagian belakang.

Saat mengeluarkan desain awal, Renault mendapat banyak kesulitan. Termasuk kritikan serta kontradiksi dari tim-tim lain. Namun, selama tidak menyalahi aturan yang ada di F1, tim pabrikan asal Inggris ini yakin desain baru tersebut akan membawa manfaat besar.

Pembalap Vitaly Petrov mengalami beberapa kendala pada sesi pengujian R31. Petrov menyelesaikan 28 putaran dan tepaut selama 2,5 detik dari juara dunia musim lalu Sebastian Vettel.

Pimpinan tim Renault Eric Boullier menjelaskan, bahwa target pada sesi uji coba perdana tersebut bukanlah masalah gas buang. Ini hanya sesi percobaan yang mungkin akan mengalami perubahan.

"Semua modifikasi selalu beresiko. Saya senang kami dengan beberapa desain kreatif pada mobil. Kami pasti akan melakukan beberapa perubahan lagi. Secara teknis ini sudah sangat baik dan kami ingin berada di depan,” jelas Boullier seperti disitat autosport, Rabu (2/2/2011).

Sementara itu, kepala mekanik Renault Rob White mengatakan, timnya telah bekerja keras mencari alternatif pada gagasan buang selama beberapa bulan. White sudah menyadari keuntungan dari diffuser knalpot sejak beberapa tahun lalu.

"Kami menjadi sangat tertarik dalam memanfaatkan energi knalpot dan membuat mobil balap dengan aerodinamis terbaik," kata White.

Renault adalah satu-satunya tim yang menjalankan konfigurasi knalpot di Valencia. Diyakini konsep dalam pengembangan modifikasi ini akan diikuti tim lain.
(zwr)
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Knalpot Baru, Senjata Renault di 2011"

Posting Komentar